Friday, April 19, 2013

Modifikasi The Sims 3 : Install Mods


'Sup, Friends?!
Kali ini saya akan membahasa bagaimana cara modifikasi (bahasa kerennya : modding) The Sims 3....
Easy.... Easy.... Check It Out!


Pertama - tama download dulu Mods-nya.....

      Website yang saya ketahui yang menyediakan mods The Sims 3 adalah :
      1) The Sims Resource (TSR)
         Untuk download mods disini... Kalian mesti Login atau Register (jika belum punya akun).... 
         Kalian dapat download mods yang Free. 
         Mods Subcriber itu, mods untuk yang sudah Subscribe TSR.Ya kata lainnya "Akun Premium"....
         Mods disini filenya berekstensi .sims3pack... 
Klik untuk zoom


      2) Mod The Sims (MTS)
         Disini juga sama seperti TSR.... Harus Login dulu baru bisa download....
         Tetapi disini mods-nya Free semua.... Keren - keren lagi....
         Di MTS kebanyakkan modsnya berekstensi .package biasanya juga ada .sims3pack....

Klik untuk zoom


Oke! Kalau sudah ada modsnya... Saatnya untuk menginstallnya....

- Untuk mods yang berekstensi .sims3pack (iconnya logo The Sims 3)....
      1)  Jika modsnya di dalam archive (zip atau rar), Di Extract dulu....
           
Fie .sims3pack
       2) Double Klik pada file mods-nya. atau tekan Enter... Maka muncul jendela proses instalasi....
          Klik OK jika sudah selesai....



      
Proses Install

Mods selesai di Install

      3) Ingat! Tidak semua mods kalian bisa Install... Tergantung si modder, kriteria untuk mods-nya...
          Mods bisa memerlukan Expansion Packs (Icon dibawah Launcher).... Semakin banyak
          Expansion Packs kalian... Semakin banyak mods yang kalian bisa install...



-Sekarang untuk mods yang berekstensi .package.... Harap The Sims 3 kalian sudah versi 1.12 atau yang terbaru....
      1) Jika modsnya di dalam archive (zip atau rar), Di Extract dulu....

      2) Download dulu file yang satu ini ----> Disini
          Jika sudah Extract folder di dalamnya ke :
                    My Documents --> Electronic Arts ---> The Sims 3

Klik untuk zoom
      3) Di dalam Folder "Mods" terdapat dua folder Overrides dan Packages....
          Letakkan file mods .package ke folder "Packages".....
     
      4) Untuk test berhasil atau tidak.... Di dalam folder Packages terdapat file nointro.package...
          Mods ini berfungsi untuk menghilangkan intro pada The Sims 3... Langsung menuju "Loading"..
          Mainkan The Sims 3 kalian.... Jika intro masih ada maka, tidak berhasil....
          Jika sebaliknya, maka berhasil..... Dan kalian bisa delete mods nointro.package....

      5) Ingat! Tidak semua mods kalian bisa Install... Tergantung si modder, kriteria untuk mods-nya...
          Mods bisa memerlukan Expansion Packs (Icon dibawah Launcher).... Semakin banyak
          Expansion Packs kalian... Semakin banyak mods yang kalian bisa install...


Begitulah cara modifikasi The Sims 3.... Sekian dari tutorial saya...

Terima Kasih Atas Kunjungannya!

43 comments:

  1. Terimah Kasih, Sangat Membantu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, Syukurlah kalau begitu... :D
      Thanks udah visit blog ane...

      Delete
  2. pengen nanya dong, kalo dulu udah pernah masukin file package tapi sekarang lupa, file .package nya tinggal dimasukin ke folder package aja? terus tinggal dimainin langsung ada yg dimasukin tadi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan.... Masukkin file .package nya k dalam folder package... Langsung aja main The Sims 3 nya, mod ny active sendiri kok...

      Delete
  3. gan filenya kan udah ane masukkin tuh, tapi pas di launchernya ga di instaleed content ga ada, itu gimana ya?
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk file .package... Itu tidak terdeteksi di Installed Contents... Tp udh aktif d the sims 3 nya....

      Delete
  4. gan udah saya ikuti tutorial agan
    tapi tetep mod yang saya instal ga aktif pas dimaini
    itu gimana gan mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. File nya ekstensi ap gan? .package atau .sims3pack?
      Ulangi tutorialnya dengan teliti...
      Jgn lupa lihat requirement mod tersebut...

      Delete
  5. ini udah aku ikutin loh cara nyaa,,, yang package tapi nointro.package nya tetep ada,, solusi nya gmna nihh,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Delete aja gan nointro.package nya.... It hny sbagai uji coba..

      Delete
  6. Mas udah saya instal yg berektensi .package di folder Mods/Package tapi tetep gak aktif wkt dimaenin tolong bantuanya mas

    ReplyDelete
  7. saya udah install sim3pack di launcher,tapi yang bisa masuk simsnya cuma baju, pakaian, muka, perabotan(object) gaada di simsnya , gimana yaa tu gan?

    ReplyDelete
  8. Gan , saya main the sims , tapi sims saya g pake launcher . Gmn ya bisa masukin file2 yg kita download ? Makasi banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti agan hny bisa pkai mods yg berekstensi kan .package....

      Delete
  9. Gan, saya mau nanya. Kenapa setelah saya mengaplikasikan mod, loading pas mau masuk keluarganya jadi lamaaa bangeeettt, sayj nungguin sampe 1 jam lebih tapi gak selesai2, tapi modsnya kebaca, pas di main menu, tapi loadingnya ituloh lamaaa bangeeettt
    Tolong bantuannya yaaa..
    The sims saya yang late night.
    Terimakasih sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Spec PC/laptop ente? lalu brp mod yang ente pasang? Apa" aja mod itu.... Settingan sims high, med atau low? Brp expansion pack yang ente install?

      Sepengetahuan ane, yang buat lama loading itu
      1. Spec nya kurang
      2. Expansions packnya banyak.
      3. Settingan sims high (di rendahin aja, spaya lancar)
      4. Mod byk tnp di saring...

      Delete
  10. kak kan aku udah download di thesimsresource.com, nah biasanya itu kalo download rambut, dress, baju, dsb itu lancar2 aja, maksudku jadinya bisa dipake di simsku, nah pas aku mau nyoba download bathtub/shower/dsb itu tulisannya udah installed dan tanda2nya kayak udah keinstal beneran gitu tapi kok pas ngejalanin gamenya itu ga muncul bathtub/shower/kursi barunya ya kak? padahal cara2 nya udah sama persis kayak biasanya download rambur, dress, sepatu gitu.. makasih sebelumnya :D

    ReplyDelete
  11. Halo, thx udh mengunjungi Zinetic Blog....
    Untuk mod barang... Itu sebelum download mesti liat compatible mod itu dengan the sims nya... terkadang ad beberapa mod yang butuh expansion pack.... Jadinya klau gak ad expansion pack, mod itu ke install, tapi gak exist di game nya....

    ReplyDelete
  12. Untuk mas uray zulfikar
    Mohon bantuannya
    Saya baru saja beli the sims 3
    Saya download mod yg saya inginin
    Saya bikin,extract taruh modnya persis kaya semua cara penginsatallan mod di youtube maupun blog
    Tapi setelah saya mainkan mod yg saya taruh di folder mod/package hasilnya 0 BESAR gak ada/ gak jalan
    Saya udah otak atik berulang kali cara penaruhan mod tapi tetep aja
    Versi launcher simsnya 1.06 ya segitulah
    apa mungkin salah launchernya ato penaruhan mod
    Mohon pencerahan dan bantuannya mas uray
    Saya udah kewalahan otak atiknya
    Mohon bantuannya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. file mod the sims 3 yang ente download formatnya dengan format apa? .package atau .sims3pack?
      Lalu, sebelum download mod, pastikan liat compatibility mod tersebut, mod tersebut membutuhkan expansion pack apa saja...
      Jika The Sims 3 ente tidak ada expansion pack... maka ente hny bisa download mod yang hny untuk the sims 3 yang tanpa expansion pack, biasanya ada icon The Sims 3 doank tanpa ada icon the sims 3 expansion pack....
      Kalau ente download mod yang membutuhkan expansion pack, tetapi ente kegak punya expansion pack nya, mod tersebut gak akan bisa di pakai....

      Masalah penaruhan mod, bisa ikutin cara d post blog ini....
      Dan ada juga d youtube...

      Versi launcher akan di upgrade seiring saat install expansion pack, semakin latest expansion packnya, semakin baru versi update-annya...
      Mod tidak pengaruh dengan versi launcher nya (setau w)

      Jika masih kurang jelas, ente bisa tanya w di facebook page... agar lebih mudah untuk menjawab...
      Terima kasih atas kunjungannya....

      Delete
  13. saya sudah memasukan mod .packages tapi kok di the sims 3 launcher gak ada ya?
    padahal mod-nya tanpa expansion pack

    ReplyDelete
  14. hay gan gw mau tanya pas udah diinstal mod nya kok gk ada object nya gan mohon bantuanya gan

    ReplyDelete
  15. hay gan gw mau tanya pas udah diinstal mod nya kok gk ada object nya gan mohon bantuanya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon d check compatible mod tersebut, apakah sudah sesuai dengan expansion pack yang ente punya, atau ente blum ad expansion pack yg d butuhkan...

      Delete
  16. icon nya itu the sims3 trus udah gw instal kok gk ada yaa min
    mohon bantuanya min

    ReplyDelete
  17. gan klo instal tatto gimana gan
    mohon bantuanya gan

    ReplyDelete
  18. file pakage nya kok gk bisa min padahal udah gw pindahin ke dokumen

    mohon bantuanya min

    ReplyDelete
  19. Gan ane mau nanya..kan ane udh download karakter yang mod..tpi koo di gamenya ga muncul yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. file mod .sim jgn di save di folder /mod/packages tapi di folder SavedSims. kalau nda ada tinggal create foldernya.

      Delete
  20. aku kok gabisa download di TSR ya. tlg dong

    ReplyDelete
  21. gan ni mod saya pake yang .package. versi juga udah yang baru,udah saya taro didocument terus mod yang saya download udah di taro di packages juga tapi masih ga aktif.mohon bantuannya

    ReplyDelete
  22. Gan saya sudah masukan semua mod package ke yg agan suruh. Tapi kok sama sekali ga ngefek ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan check compatible mod tersebut gan... Apa saja yang di butuhkan untuk mengaktifkan mod tersebut.. selalu baca deskripsi mod tersebut...

      Delete
  23. gann ane download mod house modern pas di pasang kok gak bisa ? padahal mod sebelumnya bisa ( baju , rambut , mobil , dll ) tpi pas masang mod modern house gk bisa ?

    ReplyDelete
  24. No intro packagesnya gak berhasil. Gimana jadinya gan

    ReplyDelete
  25. Klo cara install mods nya ke the sims 3 ps3 gmna gan?

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Bs nggak psang mod the sims 3 di ps3 gan? Trus cra nya gimana?

    ReplyDelete
  28. ka. aku punya base game nya. trs ga bisa di update lagi. emang harus banget di update ke vesion 1.2?

    ReplyDelete
  29. Kalo mod the sims 3 untuk ps3 bs gak bg?

    ReplyDelete