Saturday, November 28, 2015

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop


Hallo! Di post kali ini saya akan share mengenai hal - hal yang harus di perhatikan saat ingin membeli Laptop. Setelah saya perhatikan dari beberapa laptop yang telah saya gunakan, terdapat beberapa kekurangan yang saya rasakan karena keteledoran dalam beberapa hal ini. Maka dari itu saya ingin meng-share mengenai hal tersebut. So Check it Out!






Processor (Proci)
Saya yakin kalian sudah pada tahu apa fungsi dari proci. Istilahnya proci ini adalah "Otak" dari Laptop tersebut. Jadi ini lah hal yang terpenting dari sebuah sistem komputer.

Trus apa yang harus saya lihat dari Proci nya?
Lihatlah core nya. Ada proci yang dual core (2 core), quad core (4 core), octa core (8 core) dan juga akan ada 10 CORE! (intel masih mengembangkannya, dengan tipe intel broadwell). Untuk laptop kebanyakkan menggunakan Dual Core dan juga Quad Core. Semakin banyak core, maka semakin bagus proci tersebut.

Dan terus, liatlah tipe - tipe nya. Untuk di Indonesia sekarang ini kebanyakkan memakai proci Intel. Seperti yang kalian ketahui ada intel pentium, celeron, intel core i3, i5, i7. Ini sudah menjadi umum dan mindset orang - orang sudah sama. Pasti orang menyarankan minimal intel core i3 lebih bagus i7. Hal tersebut memang benar dan tidak bisa dipungkiri lagi. Jadi tergantung temen - temen mau beli yang mana, disesuaikan sama budget yang kalian miliki.







Graphic Cards ("Itu loh Nvidia")
Mungkin saat ditanya mengenai graphic card,  pasti masih ada yang tidak tahu mengenai hal ini. Tapi saat di tanya Nvidia, banyak yang tahu hal itu. Nvidia = Graphic Card.
Itu loh yang sticker ijo - ijo di laptop. Nah itu Nvidia, itu lah Graphic Card.

Apa sih fungsi Graphic Card?
Istilahnya itu "Dia lah pembantu proci". Graphic Card berfungsi pada pemrosessan/pengolahan grafik, seperti 3D, ketajaman gambar. Terutama pada Game. Jadi semakin bagus Graphic Card nya, akan cepat dalam pengolahan 3D nya, yang dimana di dalam dunia Game ada istilah "lag". Dengan Graphic Card yang mumpuni, maka gaming akan lancar jaya atau mengalami "lag" sedikit atau tidak sama sekali.

Dengan Graphic Card juga, jikalau temen - temen merupakan editor, terutama di editting video, maka Graphic Card adalah satu satu komponen yang harus diperhatikan. Karena sangat penting dalam proses editing dan rendering. Sama hal nya seperti Game.

Oh iya, tidak hanya Nvidia saja ya, ada juga AMD Radeon. Tapi saya masih kurang paham mengenai AMD Radeon, hehehe.

Untuk sekarang ini, kebanyakkan laptop di Indonesia menggunakan graphic card Nvidia. Terutama seri Nvdia GT700-an, GT 800-an, dan yang paling tinggi GT900-an. Untuk laptop biasa (oridnary), biasanya memakai seri Nvidia GT720M, GT740M, GT750M, dll. Untuk laptop menengah biasanya memakai seri Nvidia GT800-an. Untuk laptop GAMING, memakai seri Nvidia GT900-an.

Yang pertama diperhatikan adalah angka awalnya. Semakin tinggi angkanya semakin baik seri nya.
Lalu lihat angka keduanya. Sama dengan angka pertama, semakin tinggi maka semakin baik.
Logika ini hanya berlaku untuk Nvidia.

Lalu liat kapasitas Graphic Card tersebut. Apakah 1GB, 2GB atau 4GB? Semakin besar maka semakin bagus.







RAM
Nah, ini mah orang udah pada tau. Semakin besar kapsitas RAM tersebut, maka semakin bagus.

Wait... Gak hanya itu donk....
Sekarang ini sudah ada tipe RAM DDR3L. Biasanya kan pakai DDR3, tapi sekarang sudah ada DDR3L, yang dimana tipe RAM ini lebih hemat daya. Tetapi di Indonesia, tipe RAM ini agak susah untuk ditemui. Bukan berarti saya melarang untuk membeli laptop dengan RAM DDR3L ya.
Untuk laptop Gaming, sudah memakai RAM DDR5.







Engsel Layar Laptop
Mungkin ini terdengar tidak terlalu penting, TAPI ini penting kawan - kawan. Kebanyakkan kejadian yang saya liat, kejadian yang dialami oleh teman - teman saya adalah masalah pada layar, terutama di engsel layar laptop. Ada yang patah lah, engsel nya rapuh lah dan lain lain.

Efek dari engsel yang rapuh akan mempengaruhi "umur" layar laptop kalian. Logikanya gini, kalian sering membawa laptop kemana - mana, meletakkan laptop pada posisi dimana layar tertekan lalu pada saat menggunakannya, terutama saat terburu - buru, tanpa disengaja kalian membuka laptop dengan kuat, yang DIMANA akan mempengaruhi engsel laptop tersebut. DAN beberapa engsel laptop terhubung dengan backlight laptop.

Trus apa hubungannya?
Backlight laptop lah yang istilahnya "MEMBERIKAN CAHAYA" kepada layar laptop. Sehingga kalian bisa melihat apa yang muncul di layar. Jikalau backlight nya RUSAK, maka layar laptop akan gelap (bukan mati ya). Jikalau gelap, kalian tidak bisa melihat apa - apa di layar laptop kalian.

Jadi, saya sarankan saat membeli laptop, test lah engsel layar Laptop. Apakah kuat atau rapuh. Dikira - kira saja. Laptop yang memiliki satu engsel saja, menurut saya ketahanannya lebih kuat daripada yang mempunyai 2 engsel.







DVD Drive
Ini juga mesti diperhatikan. Apakah laptop yang kalian ingin beli mempunyai DVD Drive atau tidak. Kebanyakkan laptop mini atau notebook tidak mempunyai DVD Drive. Unutk laptop yang berukuran 13 inch atau lebih biasanya mempunyai DVD Drive. Tergantung temen - temen sendiri, apakah membutuhkan DVD Drive atau tidak. Terkadang ada juga kan tugas yang di suruh burn di DVD wkwkwkwk.







Keyboard
Sebelum membeli keyboard cobalah rasakan "sensasi" keyboard laptop tersebut wkwkwk. Lah buat apa memang nya? Supaya enak aja saat ngetik nanti. Biasanya ada laptop yang huruf keyboardnya berdekatan, yang menurut ku itu susah saat mengetik. 





Nah, itu lah beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin membeli laptop... 
Jikalau ada hal yang lain yang harus diperhatikan, akan saya update segera... :D
Terima kasih atas kunjungan temen - temen!


Icon designed by "Freepik", get it on Flaticon

10 comments:

  1. DDR5 buat system udah release? Mungkin hanya buat graphics..
    Processor gaming kayaknya lebih sip AMD, banyak dipake gamer kelas berat haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya bener tuh vid... Lupa w.. wkwkwk.. thx atas infonya...
      W hny bahas yg umum aja vid, yg kebanyakkan di Indo....

      Delete
    2. Buat blog cara rakit kompie gaming murah broo..

      Delete
  2. wih mantap gan, artikelnya sangat berguna bagi yang mau cari laptop
    monggo mampir ke toko kami gan, ready stock notbook,netbook,gaming series silahkan kunjungi http://www.els.co.id/product-category/notebook

    ReplyDelete
  3. Maaf min ,mau nanya nih. Apa bener kalo kita ngelepasin baterai laptop disaat nge charge itu malah bagus. Terus, utk laptop yg engsel nya yg gak nyatu sama laptop kayak biasanya itu gimana. Terima kasih min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menggunakan laptop dengan keadaan batterai di lepas ad kekurangan dan kelebihannya.. Kelebihannya, menjaga umur batterai.. Kekurangannya, merusak hardware ketika mati lampu...
      Tidak ada efek apapun dlm melepas batterai, tapi ya itu, hati" mati lampu wkwkwk...

      Gak nyatu itu, maksudny layarnya bisa di copot gitu?

      Delete
  4. Oh iya2 makasih ya min
    Wah salah mksd, maksudnya misal kayak laptop asus model X453S. Dia itu batterai nya gak kayak laptop lain yg saya tau baterai nya itu ada d bagian bawah laptop dan bisa d lepas. Tp d laptop asus ini gak ada min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owh walah... Berarti laptop tersebut sudah menyusung teknologi batterai yg terbaru.. Dimana cycle pengisiannya gak berdampak besar dengan umur batterainya...
      Contohnya, biasanya kitakan takut tuh isi batterai kalau udh 100%, nunggu critical dulu, baru di isi... Nah, teknologi sekarang, sudah mengatasi hal tersebut... Jadi tenang saja, aman kok.. : )

      Delete
  5. Ooohh wah makasih banyak ya min atas penjelasannya. Semoga informasi dan ilmu nya berkah min

    ReplyDelete